021 – 570 2270 info@sahidtour.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
021 – 570 2270 info@sahidtour.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Tips Memilih Biro Haji Dan Umroh

Cara Memilih Travel Haji Umroh – Hampir setiap tahunnya, selalu ada keresahan yang dirasakan oleh setiap calon jamaah haji dan umroh yang hendak mengamanahkan perjalanan ibadahnya kepada agen travel haji dan umroh di Indonesia.

Keresahan yang sering dirasakan oleh calon jamaah haji maupun umroh pun bermacam-macam, mengingat dalam beberapa kurun waktu belakangan ini marak terjadi kasus penipuan yang mengatasnamakan travel haji dan umroh. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi calon jamaah maupun penyelenggara haji dan umroh.

Untuk menghindari hal yang demikian, dalam artikel ini kita akan berbagi beberapa tips untuk memilih travel haji dan umroh yang terpercaya. Minimal kita harus memilih agen travel haji dan umroh yang amanah, profesional, dan dari segi pelayanan pun sangat memuaskan.

Walaupun terkadang kita menganggap remeh hal ini, namun pemilihan agen travel haji dan umroh sangat mempengaruhi kenyamanan Anda beribadah selama di tanah suci. Jika Anda hanya mengutamakan harga, yang penting murah misalnya maka fasilitas yang ditawarkan belum tentu maksimal.

Jadi kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar perjalanan haji dan umroh Anda ke tanah suci menjadi lebih nyaman dan tenang.

1. Cek Apakah Biro Perjalanan Tersebut Sudah Terdaftar Resmi di Kementerian Agama

Dari sekian banyak biro perjalanan atau agen travel haji dan umroh yang ‘nakal’, kebanyakan dari mereka tidak memiliki izin beroperasi secara resmi dari pemerintah, dalam hal ini melalui kementerian agama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mengecek data-data dari biro perjalanan atau agen travel haji dan umroh yang bersangkutan. Pastikan biro perjalanan tersebut sudah memiliki izin resmi untuk menyelenggarakan perjalanan haji dan umroh. Mendaftarkan diri Anda kepada agen travel haji dan umroh yang tidak memiliki izin resmi sama saja seperti menyerahkan diri Anda kepada bahaya.

Karena untuk dapat menyelenggarakan perjalanan ibadah haji dan umroh, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) harus memiliki izin beroperasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Oleh karena itu, daripada Anda mengambil risiko yang besar, lebih baik Anda memilih agen travel haji dan umroh lain yang sudah terdaftar dan lebih terpercaya, meski dari segi harga lebih mahal.

Untuk mengetahui apakah agen travel tersebut memiliki izin resmi atau tidak, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, silakan datang ke kantor Departmen Agama daerah setempat, lalu mintalah daftar PPIU resmi di wilayah tersebut kepada petugas yang ada di sana.

Kedua, apabila Anda tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor Departmen Agama setempat, Anda bisa mengakses website resmi Kementerian Agama di sini: http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu

Kemudian, cari nama agen travel haji dan umroh yang ingin Anda gunakan, apakah di daftar tersebut ada nama biro tersebut atau tidak. Kalau ada, berarti biro perjalanan tersebut telah terdaftar. Kalau tidak ada, berarti tidak memiliki izin resmi. Lebih baik pilih yang lain.

2. Pastikan Agen Travel Haji & Umroh Tersebut Memiliki Jadwal yang Pasti

Seringkali ditemukan agen travel haji dan umroh yang memberikan jadwal keberangkatan yang tidak detail dan tidak ada kepastian. Misalnya, hanya memperkirakan pemberangkatannya bulan sekian dengan maskapai kalau nggak ini ya itu. Akhirnya para calon jamaah pun merasa digantung. Tidak ada detail tanggal, jam keberangkatan, berangkat dari bandara mana dan landing di bandara mana.

Kalau Anda menemukan biro perjalanan haji dan umroh yang demikian, maka patut untuk dicurigai. Karena sebenarnya, setiap agen travel haji dan umroh yang memiliki izin resmi sudah mendapatkan jatah (quota) VISA untuk tiap-tiap tanggal keberangkatannya.

Karena sudah memiliki quota VISA itulah, sebuah agen perjalanan haji dan umroh berani untuk membeli atau membooking tiket pesawat pulang dan pergi. Sehingga jelas, berangkat jam berapa, tanggal dan bulan apa, sampai di sana jam berapa, menggunakan maskapai apa, berangkat dari bandara mana, dan sebagainya.

3. Cek Apakah Biaya yang Ditawarkan Masih Wajar dan Sesuai dengan Pelayanan

Banyak agen travel haji dan umroh yang mematok biaya yang murah sehingga banyak calon jamaah yang tergiur. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun harus dicek apa saja fasilitas yang ditawarkan, apakah sebanding dengan biayanya?

Justru akan sangat aneh apabila ada agen travel haji dan umroh yang menawarkan fasilitas yang sangat ‘wah’ namun biaya yang ditawarkan sangat murah.

4. Cek Nama Hotel dan Lokasinya

Untuk memastikan kevalidan data, lakukan konfirmasi mengenai nama hotel dan lokasi hotel di sana. Bisa lewat Google Maps atau Apple Maps. Pastikan nama hotel, lokasi hotel, dan rate bintangnya sesuai dengan apa yang telah ditawarkan oleh biro perjalanan Anda.

5. Pastikan Status VISA yang akan Anda Dapatkan

Cek kembali mengenai status VISA apa yang akan Anda dapatkan dari kerajaan Arab Saudi. Pastikan statusnya sesuai dengan keperluan Anda untuk ke tanah suci yaitu untuk beribadah umroh ataupun haji.

6. Pembiming yang Berpengalaman dan Mampu Mendampingi dengan Baik

Pembiming yang berpengalaman akan sangat mempermudah ibadah Haji dan Umroh Anda. Apalagi jika Anda masih sangat awam dengan kota Mekah dan Madinah. Disitulah fungsi pembimbing yang akan menonjol.

7. Tidak Mengalami Batal Berangkat Saat Kuota Tidak Terpenuhi

Sering kali kita temukan jamaah haji dan umroh gagal berangkat karena dari segi kuota jamaah tidak terpenuhi, karena pihak travel takut merugi. Travel perjalanan haji dan umroh yang bagus tentunya akan mengantisipasi hal tersebut dan akan mengusahakan terhindari dari yang namanya gagal berangkat.

8. Mempunyai Program Istimewa yang Tidak Dimiliki Oleh Travel Lainnya

Travel haji dan umroh yang bagus tidak hanya menawarkan program dan fasilitas selama melaksanakan ibadah haji dan umroh saja, namun juga menawarkan program berkelanjutan. Entah itu pembentukan pengajian alumni jamaah haji dan umroh tahun sekian, pengajian tabungan haji dan umroh, sharing ilmu seputar haji dan umroh, dan semacamnya.

Itulah beberapa tips memilih travel haji dan umroh yang terpecaya. Ketelitian, kehati-hatian, dan kecermatan dalam memilih travel haji dan umroh merupakan bentuk usaha dan ikhtiar kita untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh. Semoga apa yang Anda niatkan dapat segera terwujud, dan semoga menjadi haji yang mabrur.